12 November 2012

Honda PCX Bergaya Bumble Bee

Tokoh autobot Bumble Bee dalam film Transformer masih menjadi wabah di kalangan pecinta modifikasi. Tidak sedikit yang menjadikan robot berkelir kuning ini sebagai inspirator utama dalam mengoprek tunggangan.

Tidak hanya pemodifikator mobil yang ngidam mengubah tampilan layaknya Chevrolet Camaro ala Bumble Bee. Modifikator roda dua pun tertarik untuk menjadikan Bumble Bee sebagai jagoannya.

Hal itu coba diwujudkan Peterson Rivai lewat Honda PCX miliknya. Modifikator asal Bandung ini menerapkan gaya modifikasi ekstrim pada skutik bongsor lansiran 2010 itu. Yang tersisa dari bawaan pabrik hanya rangka dan sebonggol mesin saja.

Pada bagian bodi, pria yang akrab disapa Peter ini membuatnya dengan bahan dasar serat fiber. Desainnya coba disesuaikan dengan karakter Bumble Bee.

Kelir kuning sebagai warna khas Bumble Bee membalut sekujur tubuhnya. Agar aroma Bumble Bee makin kental warna hitam juga menghiasi dibeberapa bagian.

Menariknya, Peter membuat sayap-sayap yang dapat bergerak sendiri. Otak dibalik bergeraknya sayap tersebut berkat pengaplikasian perangkat motorize.

Selain itu, terdapat pula kepala Bumble Bee yang ditempatkan tepat ditengah cover depan. Kepala Bumble Bee ini juga menerapkan perangkat motorize sehingga kepala robot itu bisa bergerak keluar-masuk.

Hal ini juga diakui Peter sebagai salah satu kesulitan terbesar dalam membangun skutik Bumble Bee ini. "Emang dasarnya dari dulu suka robot dan film Transformer. Kalau tingkat kesulitannya pas ngerjain ya kelistrikan dan motorize," akunya.

Harapan besar terkuak saat dirinya memakai velg dan ban super lebar. "Saya mau cetak rekor motor matic yang pakai velg paling besar," harapnya.

Sekadar informasi, velg yang digunakan merupakan velg lebar lansiran Lenzo yang dibalut ban Harley-Davidson berukuran 360/60. Peter mengaku menghabiskan dana Rp20 juta untuk satu roda raksasa ini.

Tidak hanya itu, Peter juga memesan khusus swing-arm custom dari Thailand agar roda bongsor ini dapat terpasang.

Ubahan lain yang tidak kalah menarik berada di sektor suspensi. PCX Bumble Bee ini sudah tidak lagi menggunakan suspensi bawaan pabrik. Suspensi depan dan belakang telah menggunakan model air suspension.

"Kalau posisi naik, jarak bodi ke tanah cuma 5 senti (cm). Kalau turun sudah mentok tanah," jawabnya enteng.

Tampang PCX makin garang dengan pengaplikasian saluran gas buang sebanyak enam unit, empat kanan dan dua di kiri. Beruntung knalpot-knalpot tersebut telah dilapisi krom sehingga terlihat lebih elegan.

Semua ubahan mulai dari A sampai Z dilakukan Peter di bengkelnya, Zone Modified Project yang bermarkas di Jalan Murni 1, Bandung, Jawa Barat.

Spesifikasi:
Motor: Honda PCX 2010
Pelek depan : Custom 5.00-14
Pelek belakang : Big wheel Lenzo 14.00-18
Ban depan : swallow 140/60
Ban Belakang :vee rubber 360/30 (limited edition)
Shock depan : Trusty Airsuspension
Shock belakang : Air suspension
Swingarm: Custom Zone Modified
Transfer arm : custom
Knalpot : 6 buah custom
Noz : NX
Airfilter : X5
Step : bikers
Cover radiator : Kangi
Cover as roda: Bikers
Kaliper depan : Brembo
Kaliper belakang : PN Racing
Standar : GT-R
Cover cvt : Panom
Headlamp : Projector Custom
Stoplamp : Custom
Stang : Sharky
Spion : Camera
Jok : CNC custom
Master rem : X-Speed
HandGrip : GT-R
Gas spontan : X5
Body light : Custom
Body work : Custom
Motorized : Custom
Lcd: 5 unit
Player video : iphone4s
Cat : Lesonal
okezone.com
Previous Post
Next Post

0 Please Share a Your Opinion.: